Bagaimana melihat Peluang dan menciptakan Kesempatan




Bagaimana cara memanfaatkan peluang dan kesempatan dengan baik? Pertanyaan ini mungkin pernah muncul di benak Anda, tentang bagaimana kita bisa melihat, memanfaatkan, dan mengambil, peluang maupun kesempatan dengan tepat. Hal ini tentunya sangat berguna untuk aspek kehidupan kita, karena segala keputusan dan tindakan kita sangat menentukan hasil yang akan kita peroleh untuk kedepannya. Sebelum membahas lebih lanjut, apakah Anda sudah mengerti apa yang dimaksud peluang dan kesempatan itu sendiri?

Peluang

Pada saat kita duduk di bangku ajaran Sekolah Dasar, materi peluang sudah kita pelajari dalam Ilmu Matematika, dimana peluang dianggap sebagai suatu probabilitas atau kejadian dimana sebuah angka menunjukkan kemungkinan terjadinya suatu kejadian. Contohnya: saat kita melemparkan uang logam, di situ ada dua kemungkinan antara munculnya sisi Angka dan sisi Gambar pada uang logam tersebut. Jadi, peluang merupakan suatu kemungkinan akan terjadinya sebuah peristiwa maupun hasil yang akan diperoleh.

Kesempatan

Kesempatan merupakan hal yang berhubungan dengan waktu, situasi, maupun kondisi yang mendukung dalam terjadinya peristiwa maupun tujuan yang dapat diperoleh dari diri sendiri maupun orang lain atau lingkungan. Contohnya: Anita mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliahnya ke Universitas Oxford di London, maka peluang Anita untuk melanjutkan kuliahnya sangat besar.

Dalam buku yang berjudul "Setengah isi Setengah Kosong" disebutkan ada 3 tipe manusia melihat datangnya sebuah kesempatan, yaitu:


1. Orang yang lemah, menunggu kesempatan.
2. Orang yang kuat, menciptakan kesempatan.
3. Orang yang bijak, memanfaatkan kesempatan.


Bagi orang yang lemah, bila kesempatan belum datang dia akan menunggu dan menunggu dengan sabar sampai kesempatan itu datang. Dan apabila sekian lama ditunggu kesempatan itu belum juga datang, maka ia akan putus asa dan berkata "Yah.. ini memang bukan nasibku".


Sementara bagi orang yang kuat, bila kesempatan belum datang dia akan menggunakan berbagai macam cara dan rekadaya, dengan segenap kreatifitas, koneksitas, dan segenap kemampuannya untuk menciptakan kesempatan itu datang padanya. Orang tipe seperti ini mempunyai prinsip kesempatan tidak datang begitu saja, tetapi kesempatan harus dicari atau diciptakan.


Dan bagi orang cerdik, dia akan memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya, karena dia menyadari bahwa kesempatan adalah karunia yang sangat berharga dan belum tentu kesempatan itu akan datang untuk kedua kali.

Lalu bagaimana tindakan kita dalam memanfaatkan peluang dan kesempatan untuk kehidupan kita? Disini saya gambarkan bagaimana melihat akan datangnya peluang dan kesempatan pada tim sepak bola.

Anda pernah bermain sepak bola, bukan? Dalam permainan sepak bola, kedua tim saling berebut kesempatan agar bisa mencetak gol untuk memperoleh skor kemenangannya. Pemain tim sepak bola dibagi menjadi 4 posisi pemain sepak bola:

1. Penjaga Gawang
2. Bek / Pemain Bertahan
3. Gelandang
4. Penyerang

Dalam keempat posisi diatas manakah yang mempunyai peluang besar untuk mencetak gol? Tentunya posisi penyerang. Untuk menciptakan kesempatan mencetak gol, tentunya posisi penyerang harus mempunyai skill yang baik dan membutuhkan kerja sama tim yang baik pula dari rekannya, maka peluang menghasilkan skor kemenangan semakin besar.

Apakah kesempatan untuk mencetak gol bisa diciptakan dengan mudah begitu saja? Tentunya tidak, latihan yang keras dan disiplin akan mempengaruhi kemampuan dan penguasaan bola; strategi tim yang baik untuk menguasai lapangan; dan kesulitan dari tim lawan yang harus ditaklukkan.

Pada dasarnya cara seseorang melihat peluang dan menciptakan kesempatan sangat dipengaruhi oleh ide gagasan, pengalaman, dan kepribadian orang tersebut. Misalnya: ada dua orang anak lulusan SMK dengan jurusan yang berbeda, yaitu: jurusan otomotif dan elektronik. Saat melihat sebuah lahan tanah ditempat yang strategis, anak otomotif berpikir untuk mendirikan sebuah tempat servis bengkel sementara anak elektronik mendirikan sebuah tempat servis elektronik.



sumber:
https://rocketmanajemen.com/definisi-peluang/
https://www.kompasiana.com/kartikairawidyanti/5517112ca333115a06b65922/makna-di-balik-suatu-kesempatan
sumber gambar:
Pixabay
Tag: Kata-kata Motivasi,

Komentar